Langkau ke kandungan utama

Tips Blogging: Membuat Konten Viral



Apa itu konten viral?

Konten viral adalah sebuah konten yang menyebar luas (seperti virus) dengan sendirinya

karena konten tersebut dibagikan atau dibicarakan oleh banyak orang.

Entah itu melalui:

    Word of mouth (menjadi perbincangan masyarakat)
    Get shared (dibagikan melalui social media dan sejenisnya)

Apakah konten viral itu kebetulan?

Tidak, jelas bukan kebetulan, karena konten tersebut sengaja diciptakan dan yang lebih

penting lagi adalah timing yang pas. Konten yang tepat, disajikan ditempat/platform yang

benar dengan audience yang sesuai dan waktu yang pas akan menghasilkan konten viral yang

sukses besar.

Apa keuntungan dari konten yang viral?

    Potensi untuk dilihat oleh ribuan bahkan jutaan audience tanpa biaya sama sekali

(free)
    Website/blog Anda mendapatkan banyak visitor tanpa perlu SEO dan promosi/iklan
    Audience Anda tumbuh dengan sendirinya karena audience itu sendiri yang menjadi bagian

dari marketing Anda (viral marketing)

Bagaimana cara menciptakan konten yang viral?



membuat konten viralMari kita pelajari bagaimana cara menciptakan konten viral yang

sukses. Perlu diingat bahwa tidak ada jaminan pasti bahwa konten yang kita buat akan

viral/tersebar luas, namun kita dapat “meningkatkan potensi” konten tersebut supaya go

viral/get shared. Pertama kita harus mulai dengan pertanyaan besar:

Mengapa orang harus membagikan/share konten tersebut?

Apa alasan kuat orang lain ingin membagikan konten yang Anda buat?

Beberapa akan menjawab karena “value” dan semacamnya. Tetapi jika Anda teliti lebih jauh,

bahkan berita hoax yang cenderung isinya sampah pun bisa menjadi viral dan sukses besar.

Mengapa? Kata kuncinya adalah “emosi”.

Emosi ini bisa positif & negatif. Saat seseorang meng-klik suatu konten/judul, mereka

tidak akan berpikir panjang tetapi mereka menggunakan emosi perasaan mereka, jika judul

tersebut sangat mengundang (seperti sex, kehebohan, dan kontroversi) maka mereka akan

melihat konten tersebut.

Itulah sebab Anda pernah mendengar dalam istilah marketing “bad news is a good news”.

Karena yang terpenting adalah hal itu bisa jadi “omongan” entah orang suka/tidak suka,

positif/negatif yang terpenting konten tersebut dapat menjadi viral dengan cara apapun.

Inilah beberapa jenis kategori yang paling sering dibagikan orang dan mudah memancing

emosi pembacanya:

    Inspirasi (konten yang bisa memotivasi orang lain dan memiliki banyak value kehidupan)
    Informasi (konten yang mengedukasi/menambah wawasan tentang hal-hal baru)
    Hiburan (konten yang lucu atau dapat memuaskan rasa seni/artistik seseorang)
    Tips (konten yang bersifat “problem solving” atau membantu hidup pembacanya)
    Berita (konten yang update/kekinian sehingga pembaca tahu apa yang sedang terjadi)

Setiap kategori diatas memiliki 1 “value utama” yaitu memberikan manfaat untuk orang lain.

Saat seseorang men-share sebuah artikel/konten maka mereka ingin menjadi pembawa

manfaat/berkah walaupun hanya dengan membagikan/share artikel tersebut. Ada value yang

ingin mereka bagikan entah itu pengetahuan, kelucuan, kebahagiaan, atau manfaat-manfaat

lainnya.

Bahkan konten horor/sedih juga memiliki nilai seni bagi audience-nya, termasuk berita hoax

dan isu-isu negatif lainnya.

Kenapa berita hoax atau isu negatif bisa viral padahal secara isi tidak memberikan value

untuk pembacanya?

Menurut saya konten hoax/isu negatif lainnya memiliki nilai aspek dalam sisi “psikologi”,

bukan soal seberapa besar value/manfaat yang dapat mereka berikan, tetapi seberapa besar

“level emosi” yang dapat mereka bawa kedalam konten-konten yang mereka berikan.

Semakin tinggi level emosi tersebut semakin tinggi pula kesempatan konten tersebut menjadi

viral. Emosi tersebut bisa positif & negatif, beberapa level emosi tertinggi yaitu:

    Fear/rasa takut –> seperti ancaman teroris yang sedang melanda Jakarta
    Kemarahan/dendam/kebencian/pelanggaran hukum –> seperti kasus racun sianida
    Inpirasi, humor, dan achievement hidup

Jadi bukan masalah isi dari konten tersebut, tetapi seberapa jauh konten mereka dapat

menggapai emosi dari para audience tersebut. Jika konten tersebut dapat “mengena” emosi

dari pembacanya, maka mereka akan ikut membagikan/share konten tersebut.

Jika Anda ingin menciptakan konten yang viral (positif) maka kombinasikanlah kedua sisi

tersebut antara value/manfaat yang Anda berikan dengan psikologi/emosi dari audience Anda.

1. Sisi psikologi/emosi

Anda harus langsung menarik perhatian/emosi audience dengan “judul artikel” Anda, 99%

pembaca datang karena judul artikel. Artinya judul artikel adalah tempat dimana Anda

berperang memenangkan audience.

Namun jangan sekali-sekali membuat judul clickbait atau terlalu mencolok seperti:

    Apa yang gadis ini lakukan akan membuat Anda terkejut
    No. 5 benar-benar diluar dugaan
    Pose baru model sinetron ini bisa bikin celana sempit

It’s a stupid title for stupid people, hanya orang bodoh yang membaca konten dengan judul

seperti itu, dan tentu Anda tidak ingin meraih audience seperti itu. Yang harus Anda

lakukan adalah membuat judul simpel yang orang akan melihatnya tanpa perlu pikir panjang

seperti:

    Cara Menjadi Kaya
    Seberapa Menarikkah Anda
    Bagaimana Cara Mencari Jodoh Anda

Dengan catatan isi dari artikel tersebut harus relevan dengan judul yang diberikan, topik

yang paling mengundang (positif) biasanya adalah seputar cinta & uang.

2. Sisi value/manfaat

Anda pasti sering sekali (mungkin sudah muak) mendengar bahwa value adalah nyawa dari

konten/artikel Anda. Tetapi konten terbaikpun tidak ada artinya jika tidak dibaca, itulah

sebab saya menyarankan Anda membuat topik yang memang sedang ingin dibaca oleh audience.

Pada akhirnya semua akan kembali kepada isi dari konten yang Anda buat, apa yang ingin

Anda berikan pada audience Anda?

Tidak banyak yang bisa kita bahas soal value, tetapi satu hal yang ingin saya sarankan

adalah Anda harus menjadi expert dalam bidang/topik yang sudah Anda pilih, karena pembaca

tidak ingin mempelajari sesuatu dari orang yang jauh lebih bodoh/tidak tahu dari diri

mereka sendiri.

Mereka butuh dibimbing, dan jika Anda ingin menjadi pembimbing maka Anda harus beberapa

langkah didepan. Jadi rajin-rajinlah membaca, terus belajar dan mencoba.

Value terbaik yang dapat Anda berikan adalah pengalaman dan opini/sudut pandang Anda.

Orang tidak peduli siapa Anda, tetapi orang hanya ingin tahu apa yang sudah Anda lakukan

dan bagaimana perspektif Anda terhadap pengalaman tersebut.

Kesimpulan/summary dari poin-poin diatas adalah:

 Buatlah topik yang berpotensi viral (inspirasi, informasi, hiburan, dll)
 Buat judul yang simpel dan mengundang (memancing emosi pembaca)
 Berikan value yang sesuai dengan audience Anda (jadilah expert)

Good luck

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

DOA SEBELUM MEMULAKAN KERJA DAN SELEPAS AKHIR KERJA

 Doa Memulakan Hari "Ya Allah ! Ya Tuhan kami, Pada hari ini, kami menadah tangan memohon restu perkenan daripadaMu, jadikanlah hari ini hari kebaikan bagi kami, hari kesinambungan untuk kami mengejar dan memperjuangkan cita-cita murni kami.” “Sesungguhnya Ya Allah!, jadikanlah hari ini hari bagi kami mengorak langkah, berhijrah dari sudut yang baik kepada yang lebih baik, dari insan yang lemah kepada insan yang kamil dan dari tingkah laku yang kurang baik kepada yang baik dan daripada tingkah laku yang baik kepada yang lebih baik.” “Ya Allah! Engkau jadikanlah segala tugas yang telah dan yang akan kami laksanakan sebagai suatu ibadah kepada Mu jua. Kami bersyukur ke hadratMu Ya Allah!, kerana diberi masa untuk terus hidup, menerokai alam yang penuh dengan khazanah yang engkau ciptakan untuk kami memikir dan mengambil ikhtibar di atas KeagunganMu. Jadikanlah penghidupan kami ini sebagai suatu penghidupan yang penuh keimanan dan ketakwaan kepadaMu Ya Allah.” “Ya Allah ! Ya Rohman!

Sering Mengamalkan Minum Air Mani, Ini Yang Terjadi Selepas Setahun

Apa yang diamalkan oleh seorang wanita ini adalah sesuatu yang sangat diluar jangkaan dan pemikiran. Wanita tersebut dikenali sebagai Tracy kiss berumur 29 tahun. Tracy Kiss merupakan seorang ibu tunggal dan dia juga seorang yang hanya mengamalkan makan makanan sayuran sahaja. Dia juga turut mengamalkan minum air mani setiap pagi untuk memberinya sentiasa bertenaga. Tambah Tracy lagi, dia selalu minim sperma itu setiap pagi sebagai sarapan utamanya seperti mencampurkannya ke dalam minuman. Tracy juga mengakui sebelum dia mengamalkan petua meminum sperma, dia katakan badannya sentiasa berasa lesu,letih dan kurang tenaga malah badannya akan cepat berasa penat. Setelah dia mengamalkan petua itu dia rasakan perubahan yang sangat ketara kerana dia rasakan badannya berasa sangat bertenaga dan lebih bersemangat. Dia juga rasakan seperi umurnya bukan seperti 29 tahun tetapi seperti remaja belasan tahun. Dia juga menyatakan yang mempunyai stok yang mencukupi dari salah seorang rakan karib lelak

SEJARAH PERLOMBONGAN MAMUT, RANAU.

Perlombongan tahun kedua - 1972  Bagaimana ia bermula? Sejarah pembangunan lombong Mamut dimulakan dengan mengguna dana khas Bangsa-Bangsa Bersatu oleh pasukan penerokaan pada Disember 1963 hingga ke 1965, di Ranau, Sabah, Hasil kajian PBB mendapati nilai-nilai tembaga yang tinggi termasuk logam logam lain di dalam tanah, sedimen sungai dan air sungai Mamut , Bambangan dan Lohan. Perlombongan tahun keempat - 1974 Dalam pertandingan tawaran yang sengit antara beberapa negara, Jepun Union, yang diwakili oleh (OMRD) telah memenangi tender tersebut dan ia diberi permit untuk penerokaan ke atas tanah sekitar mamut dan seterusnya diberi kebenaran untuk melombong mineral2 yang tertakluk dalam perjanjian antara kerajaan Negeri Sabah dan OMRD. Perlombongan tahun kelapan - 1978 Pada masa penerokaan ,15,620m mendalam telah digali dan didapati rizab bijih mineral diamati berhampiran 100 juta tan. Dalam rizab yang tinggi itu, hampir 80% adalah gred tinggi tembag